Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Asdeksi Kunjungi Sekretariat DPRD Badung, Pelajari Aplikasi SIKAWAN

Sekretaris DPRD Badung, I Gusti Agung Made Wardika memberikan penjelasan aplikasi SIKAWAN kepada rombongan Asdeksi. (foto/ist)

Badung, PorosBali.com- Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/ Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI), Aris Wibawa mengapresasi inovasi Sekretaris DPRD Kabupaten Badung, I Gusti Agung Made Wardika menerapkan aplikasi Sistem Informasi dan Fasilitasi Kinerja Dewan (SIKAWAN). Menurutnya, SIKAWAN menjadikan pelayanan menjadi lebih efisien serta kinerja dewan yang lebih efektif.

"Terimakasih kepada Bapak Sekwan Badung. Saya melihat dengan mata kepala sendiri. Kita Sekwan se-Indonesia sebanyak seribu seratus orang, begitu terpesona. Jujur saya kagum apa yang dikatakan Pak Sekwan Badung. Begitu kita masuk ada aplikasi barcode sehingga mempersingkat waktu, efisien. Pasalnya, karena jika manual kita akan menunggu lama. Itupun berjam-jam. Bahkan administrasi kedatangan rangkap empat. Namun dengan barcode sudah langsung diterima dan itu sudah terjadwal lebih bagus," ucap Aris Wibawa yang juga Sekretaris DPRD Kabupaten Lamongan, saat Studi Banding dan City Tour ASDEKSI di Kantor Sekretariat DPRD Badung, Sabtu (22/10/2022).

Baca juga: Bupati Giri Prasta Serahkan Bantuan ke Kota Denpasar dan Gianyar

Dikatakan Aris, inovasi seperti SIKAWAN ini yang diharapkan oleh sekwan se-Indonesia.  "kita harapkan saudara-saudara saya Sekwan se-Indonesia, kita belajar. Dengan demikian kita Sekwan Se-Indonesia bisa berpacu, bisa seperti Sekwan Badung. Badung luar biasa,"puji Aris. 

Kegiatan ini, kata Aris, dalam rangka studi banding penerapan sistem digital aplikasi SIKAWAN yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang cepat dan bermanfaat bagi masyarakat. Ditambahkan, kegiatan Studi Banding, sehari sebelumnya ASDEKSI mengikuti workshop nasional yang mendatangkan BPK dengan materi tentang pertanggungjawaban Sekwan. Selanjutnya dari Kemendagri membahas tentang laporan keuangan. 

Sementara Sekretaris DPRD Badung I Gusti Made Agung Wardika mengatakan kegiatan ini merupakan kerja bersama. Dikatakannya Sekretariat DPRD apalagi sekretarisnya adalah jabatan strategis mempunyai dua kepala. "Bagaimana kita menyikapi semuanya itu, tentu tidak mengurangi atau tidak melanggar norma. Sekarang dengan era digitalisasi semuanya akan berbasis pada digital. Nah untuk itu, untuk mengeliminir daripada kekurangan dan kecepatan kita melayani, inovasi-inovaasi itulah yang diperlukan oleh teman-teman semua Sekwan Se-Indonesia," ujar Agung Wardika seraya mengatakan aplikasi SIKAWAN sasarannya adalah penerimaan dan pelayanan tamu. "Bagaimana tamu itu dimaintenance dengan baik, digitalisasi dan rekam jejaknya sampai kapanpun dapat kita akses," jelasnya.

Sekretaris DPRD Badung, I Gusti Agung Made Wardika bersama rombongan Asdeksi saat mengunjungi ruang sidang utama DPRD Badung. (foto/ist)

Dengan SIKAWAN, wajah sudah direkam dengan baik. Itulah kita siapkan kedepan sehingga Januari 2023 mendatang baru kita jalan untuk semuanya. "Terima kasih kepada DPN ASDEKSI untuk mengalokasikan kami di Badung sehingga pascapandemi ini juga menjadi pemulihan ekonomi bagi Bali dan Badung terutama, karena 81 persen PAD Badung bersumber dari pariwisata," pungkas Agung Wardika. 

Baca juga: RSD Mangusada Gelar Seminar Bariatric dan Metabolic Surgery

Usai di Skretariat DPRD Badung, rombongan ASDEKSI mengunjungi Hideway Swing Desa Bongkasa Abiansemal lanjut menuju Tanah Lot (Tabanan) dan Pantai Jimbaran (Badung). (pbm2) 

 


TAGS :

Komentar