Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Atensi Korem 163/Wirasatya Terkait G20 dan Bencana

Kapenrem Kapten Inf. Titis Sandi

Denpasar, PorosBali.com-  Korem 163/Wira Satya memberi atensi kegiatan G20 dan bencana alam yang terjadi beberapa hari belakangan ini. Saat temu wartawan, Jumat (21/10/2022) pagi di Media Center Korem 163/Wirasatya Jalan Melati Denpasar, Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) Kapten Inf. Titis Sandi berbagi informasi terkait G20 dan strategi penanganan bencana pasca cuaca ekstrem belakangan ini. 

Menurutnya, info sementara terkait G20 merupakan tugas operasi gabungan. “Pengamanan diambil langsung Mabes TNI di bawah kendali Panglima TNI yang melibatkan matra Darat, Laut dan Udara,” ujarnya.

Terkait tanggung jawab subsatgas penerangan, ujarnya, juga dari Puspem TNI. Kodam IX/Udayana, ungkapnya, hanya bertanggung jawab terhadap fasilitas. “Jika teman-teman tak bisa langsung berada di venew, bisa memperoleh informasi di sini. Hal ini karena diyakini hanya wartawan yang telah menjalani screening ketat bisa masuk venew utama dan itu jumlahnya terbatas,” tegasnya.

Sementara terkait dengan bencana yang terjadi belakangan, dia menyebut di Bangli ada jalan amblas hingga menelan korban jiwa, di Karangasem terjadi air bah dan tanah longsor, serta di Jembrana jalur utama Denpasar Gilimanuk terputus akibat jembatan ditabrak pohon-pohon yang dibawa banjir.

Untuk ini, tegasnya, Kasi Ops Korem menyiapkan satu SST sekitar 30 orang sebagai pasukan S3B terutama jika ada kejadian malam hari. Pasukan S3B ini diberikan kesempatan melakukan tindakan awal tanpa menunggu perintah. “Sepanjang mendesak, pasukan bisa mendahului untuk melakukan penyelamatan,” tegasnya.

Sementara hal-hal lain seperti lokasi evakuasi, obat-obatan serta yang lainnya dilakukan dengan sonergi pemerintah daerah di lokasi kejadian. “Ini tugas bersama, apa pun akan melibatkan Forkopimda terutama pemerintah daerah,” katanya. (Pbm2)

 


TAGS :

Komentar