Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gelar Pengabdian Masyarakat, UNMAS Denpasar Sosialisasi Kesehatan Gigi dan Mulut di Tabanan

UNMAS - Mahasiswa UNMAS Denpasar bersama masyarakat Desa Tunjuk Tabanan saat Sosialisasi Kesehatan Gigi dan Mulut (Foto/ist)

Tabanan, PorosBali.com- Pemerintah telah mencanangkan pembangunan  menuju Indonesia Sehat 2025. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi semua orang sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia. 

 

Universitas Mahasaraswati Denpasar sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi mengimplementasikan upaya pemerintah tersebut dengan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Tabanan

 

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut berupa “Sosialisasi dan Pendampingan Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut kepada Kelompok PKK Banjar Tunjuk  Kaja, Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan,” pada tanggal 14 Agustus 2022.

 

Dosen Pembimbing Lapangan, Anak Agung Ratu Ritaka Wangsa menyampaikan, berdasarkan hasil Riskesdas atau Riset Kesehatan Dasar Provinsi Bali Tahun 2018 mencatat di Kecamatan Tabanan sebesar 61,59% mempunyai permasalahan gigi dan mulut. Permasalahan gigi terbanyak di Kecamatan Tabanan yaitu mengalami gigi rusak atau berlubang dan sakit sebesar 44,16% serta sebesar 15,54% mengalami gusi mudah berdarah saat menyikat gigi. Penduduk Kecamatan Tabanan yang menyikat gigi setiap hari yaitu sebesar 91,64% dan yang menyikat gigi pada waktu yang tepat sebesar 11,82%.

"Berdasarkan data itulah kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan khususnya gigi dan mulut," ujarnya. 

 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini, kata Agung Ratu Ritaka Wangsa, untuk meningkatkan pengetahuan dengan cara melakukan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut tentang waktu yang tepat untuk menyikat gigi, cara memilih sikat gigi yang baik digunakan, makanan yang baik dimakan untuk menjaga kesehatan gigi serta waktu yang tepat untuk ke dokter gigi. 

 

Selanjutnya mengajak juga kelompok PKK untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut dengan cara melakukan demonstrasi cara menyikat gigi yang benar menggunakan pantum dan sikat gigi yang baik digunakan untuk gigi serta mengajak kelompok PKK mempraktikkan cara menyikat gigi yang baik. Kegiatan ini di tutup dengan pembagian sikat gigi dewasa dan anak-anak kepada kelompok PKK. 

 

"Semoga  dengan kegiatan yang kami lakukan di Banjar Tunjuk Kaja, Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan  pengetahuan serta informasi yang didapatkan dari kegiatan ini dapat diterapkan sehingga menjadi kebiasaan masyarakat yang ada di Banjar Tunjuk Kaja," harap Agung Ritaka.

 

Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi angka prevalensi permasalahan kesehatan gigi dan mulut di Kecamatan Tabanan.

Perbekel Desa Tunjuk, I Made Arnawa menyampaikan apresiasi kegiatan pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar. Pasalnya, mahasiswa sangat komunikatif dengan masyarakat dalam memberikan pemahaman terkait kesehatan gigi dan mulut. 

"Warga kami juga sangat antusias karena mendapat pemahaman yang jelas mengenai kesehatan gigi dan mulut. Luar biasa, interaksi mahasiswa dengan warga kmai. Saya ucapkan terima kasih kepada adik-adik Mahasiswa Universitas Mahasaraswati telah melakukan kegiatan ini. Semoga apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini dapat terealisasi dengan baik," ucapnya. (Pbm5)

 

 

 

 

 


TAGS :

Komentar