Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sudikerta Foundation Siap Cetak SDM Bertaraf Internasional

I Ketut Sudikerta bersama pengurus Yayasan Sudikerta Foundation

Denpasar, PorosBali.com-Tepat pada tanggal 1 Juli 2022 bertempat di Four Star Hotel Renon, Akte Notaris Sudikerta Foundation yang terdaftar dengan nama Yayasan Sudikerta Bali Bersinar ditandatangani oleh Pembina dan Pengurus Yayasan.

I Ketut Sudikerta sebagai Pembina Yayasan menyampaikan, Sudikerta Foundation akan berkiprah dalam pembinaan sumber daya manusia (SDM) melalui bidang usaha pelatihan, pendidikan formal dan non-formal, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,(Iptek), seni budaya, serta pelayanan sosial dan kemanusian dengan konsep Tri Hita Karana.

"Foundation bersifat mandiri, independent, dan otonom yang dimanifestasikan dalam sikap bertanggung jawab, berdiri sendiri, tidak menjadi bagian dari dan atau bernaung dalam organisasi kekuatan sosial politik tertentu,” tegas mantan Wakil Gubernur Bali ini.

Sudikerta Foundation didirikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya krama Bali dan masyarakat Indonesia pada umumnya serta membentuk manusia yang terampil, beretika, berkepribadian luhur dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara itu Ketua Yayasan Daniel Ferdinand menjelaskan, salah satu program kerja jangka pendek Sudikerta Foundation adalah akan membangun fasilitas pelatihan perhotelan dan kapal pesiar dengan metode simulasi yang akan dilengkapi dengan fasiltas asrama bagi peserta dan juga fasilitas pelatihan bertaraf internasional dengan standar kapal pesiar (Cruise Ship).

Berbeda dengan konsep pelatihan LPK atau LKP Kapal Pesiar yang sudah ada pada umumnya, Daniel mengatakan metode pelatihan yang akan diterapkan dengan metode simulasi, peserta yang mengikuti pelatihan akan ditempatkan di asrama LKP yang akan didirikan oleh Sudikerta Foundation. Nantinya pelatihan berlangsung selama 21 hari.

"Para peserta akan dilatih orang yang  kompetensi dibidang hospitality, kedisiplinan dan safety on board. Sudikerta Foundation siap mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan bertaraf Internasional, khususnya dalam rangka menyambut diresmikannya pelabuhan Benoa sebagai Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) pada tahun 2023," jelasnya seraya mengatakan Pelabuhan Benoa akan menjadi Pelabuhan Utama Kapal Pesiar dan ini sangat berpotensi untuk menyerap lebih banyak tenaga kerja di bidang hospitality. (red)


TAGS :

Komentar