Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Komisi I DPRD Badung Sampaikan 5 Rekomendasi untuk LKPJ Bupati 2021

Ketua Komisi I DPRD Badung I Made Ponda Wirawan saat memimpin rapat

Badung, PorosBali.com- Ketua Komisi I DPRD Badung I Made Ponda Wirawan memimpin rapat terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Badung Tahun 2021. Rapat dilaksanakan di ruang Rapat Gosana II Kantor DPRD Badung pada Selasa 5 April 2022, diikuti sejumlah anggota seperti Wayan Sugita Putra, AAN Ketut Agus Nadi Putra, Gusti Ngurah Sudiarsa, Luh Putu Sekarini dan para tenaga ahli.

Dalam rapat tersebut, Komisi I memberikan lima rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Badung tahun 2021. 

Adapun poin rekomendasi dari Komisi I untuk LKPJ Bupati Badung Tahun 2021, Ponda Wirawan menyampaikan Pertama yakni, selama ini ada perbedaan data penduduk antara Disdukcapil dengan KPU. Data kependudukan perlu diharmonisasi antara Disdukcapil, Kesbangpol dan KPU menjelang Pemilu 2024.

Kedua, meminta Dinas Pemdes untuk memberi pengawasan pemilihan perbekel (pilkel) serentak pada bulan Mei mendatang agar tidak terjadi permasalahan di masyarakat. “ Kita ingin membuat kenyamanan kepada masyarakat kita di Badung,” kata Ponda.

Selanjutnya Ketiga, perlu adanya sinkronisasi antara DPMPTSP dengan PUPR selaku pelaksana teknis dari Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dengan DLHK yang mengeluarkan izin amdal, UPL, UKL ataupun SPPL. “Komisi I sebagai leading sector harus mempunyai kebijakan politis bagaimana mendorong ini menjadikan satu bahasa terhadap pelaksanaan investasi di Badung,” tegasnya.

Keempat, mendorong Satpol PP bekerja lebih maksimal dalam penegakan perda agar tidak terjadi masalah hukum terhadap bangunan-bangunan di Badung. Ponda juga meminta Satpol PP memberikan sosialisasi kepada pengusaha terkait air bawah tanah (ABT) yang sekarang sudah menjadi ranah provinsi.

Sedangkan rekomendasi kelima, mendorong perekrutan tenaga PPPK sebab akan ada banyak pegawai yang pensiun. (Pbm2)


TAGS :

Komentar