Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Palebon Alm. IBM Sunartha Disiplin Ketat Prokes, Bupati Giri Prasta Turut Angkat Jenazah

Bupati Giri Prasta saat menghadiri pelebon alm. Ida Bagus Made Sunartha di Desa Adat Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Selasa (16/2)

Badung, PorosBali.com – Almarhum (alm) Ida Bagus Made Sunartha, S. Sos, Selasa (16/2) di-pelebon di Setra Desa Adat Sangeh, Kecamatan Abiansemal. Pada masa pandemi Covid-19, terlebih Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini, upacara pelebon dari anggota DPRD Badung tersebut sudah diatur sedemikian rupa oleh panitia sehingga tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ketat. 

Tampak hadir pada prosesi pelebon, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wabup I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung Putu Parwata beserta sejumlah anggota Dewan Badung. Upacara mengantar jenazah ke setra dilaksanakan pukul 12.10 Wita. Iring-iringan pelebon diawali dengan mengusung lembu hitam ke setra dengan melibatkan Krama Banjar Muluk Babi, Sangeh maksimal 50 orang. Selang 10 menit kemudian baru dilaksanakan prosesi mengusung jenasah dari bale adat untuk dibawa ke jaba Griya Sari, kemudian diletakkan di sebuah bade.

Untuk penghormatan terakhir, Bupati Giri Prasta juga ikut mengangkat jenazah dari bale adat menuju wadah. Sesampainya di setra segenap anggota DPRD Badung yang hadir bersama Wabup Suiasa juga melakukan doa bersama, mendoakan kepergian almarhum, semoga dapat menyatu dengan Tuhan.

Untuk diketahui, alm. IBM Sunartha meninggal pada 21 Januari 2021, karena sakit (serangan jantung). Beliau dikenal luas sebagai anggota dewan yang sangat ramah, baik dan sabar. Selain menjadi anggota DPRD Kabupaten Badung, alm. IBM Sunartha juga mengabdi sebagai Bandesa Adat Sangeh. Kecintaan beliau pada olahraga, seni dan pariwisata bisa dilihat dari bagaimana transformasi Desa Sangeh 10 tahun terakhir. Politisi PDI Perjuangan ini juga dikenal sebagai mentor bagi rekan-rekannya yang masih muda.

Serangkaian upacara pelebon ini telah dilaksanakan upacara nyiramang pada Kamis (11/2), upacara mesesalin pada Sabtu (13/2),  Minggu (14/2) mendak toya ening, ngereka kajang, melaspas kajang, dan munggah pengaskaran, ngilenang pamerasan dan ngrereh toya penembak. Puncak Karya Pelebon pada Selasa (16/2) ini, sedangkan untuk karya nyekah akan dilaksanakan pada 28 Februari 2021 mendatang. (Pbm2)


TAGS :

Komentar