Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

57 PMI Yang Dikarantina Jalani Swab Test

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana dr IGA Putu Arisantha, Minggu, (17/5).

Jembrana, Porosbali.com-Sebanyak 57 PMI yang menjalani karantina hotel di Jembrana, Senin (18/5) menjalani pemeriksaan swab. Test swab ini diambil guna percepatan penanganan covid -19 khususnya dikalangan PMI.

“Kita rencanakan langsung ambil swab besok dipusatkan di Hotel Jimbarwana. PMI yang diswab mereka yang menjalani karantina di Hotel Jimbarwana sebanyak 28 orang , Hotel Ratu 14 orang dan PMI karantina di Hotel Hapel 15 orang,” ujar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana dr IGA Putu Arisantha, Minggu , (17/5).

Dijelaskan Arisantha, pengambilan swab merupakan pengembangan strategi penanganan covid-19 gugus tugas Provinsi Bali.

Sesuai kebijakan diambil Pemprov Bali, baik PMI, ABK maupun pelajar yang datang dari luar negeri ke Bali akan langsung diambil test swab, tidak lagi test rapid sebelumnya.

“Pemeriksaan swab tetap diambil dua kali. Diawal kedatangan maupun saat karantina berlangsung. Apabila negatif dua kali, maka bisa dinyatakan sehat dan bisa dipulangkan. Tapi tetap mesti menyelesaikan kewajiban karantina 14 hari,” kata Arisantha.

Test swab rencananya bekerja sama dengan petugas kesehatan dinas provinsi Bali. Selain itu, disela pengambilan swab juga diisi dengan pelatihan pengambilan sampel test kepada petugas medis Jembrana yang telah ditunjuk.

Pelatihan ini dilakukanmengingat keterbatasan petugas medis yang mampu mengambil sampel swab. Sejauh ini kata Arisantha, pengambilan sampel swab di Jembrana hanya diambil satu orang yakni oleh dokter spesialis THT.

“Pelatihan ini sekaligus guna menindaklanjuti perkembangan covid19 , sehingga cara penaganannya juga terus berkembang. Kita siapkann tenaga medis yang akan dilatih dari puskesmas maupun rsu negara. Sehingga depan lebih banyak lagi petugas medis Jembrana yang mampu sebagai pengambil sampel swab,” terangnya.

Arisantaha mengatakan jumlah PMI yang datang juga terus bertambah . Saat ini jumlah PMI yang sudah menjalani karantina hotel sebanyak 335 orang. Ada 7 hotel yang disiapkan sebagai lokasi karantina. Diantaranya Hotel Jimbarwana, hotel Jati, Hotel Negara, Hotel Ratu, Hotel Bali Kuwi dan Hotel Bali Sunset dan Hotel Hapel.

Sedangkan PMI yang sudah dipulangkan sebanyak 182 orang dan 1 orang dinyatakan positif covid-19.

Sementara dari data yang disampaikan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Jembrana , Jumlah PMI Jembrana yang terdata di Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri ( Siskoktln) sebanyak 602 orang.

Terkait perkembangan covid-19 Jembrana, data yang disampaikan Gugus Tugas Jembrana hari ini, terjadi penambahan PDP dua orang. Saat ini keduanya sudah dirawat di Ruang Isolasi RSU Negara.

“Ada dua PMI yang baru masuk dan langsung dirawat di RSU Negara. Keduanya berasal dari Kelurahan Pendem dan Desa Penyaringan , dengan rapid test reaktif,” paparnya.

Dijelaskannya , PMI yang tercatat sebagai PDP baru ini bukan mereka yang menjalani karantina hotel. Tapi, PMI yang datang gelombang pertama dan sebelumnya menjalani isolasi mandiri dirumah.

Dengan demikian jumlah total PDP di Jembrana bertambah menjadi 24 orang. Sedangkan 20 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Sementara untuk kasus positif covid-19 di Jembrana masih tetap sejumlah 12 orang.Sembilan orang dari jumlah itu sudah dinyatakan sembuh.

“Ada kabar baik dari ruang isolasi RSU Negara. Tiga warga positif covid-19 Jembrana sudah diambil swab. Hasilnya seluruhnya negatif. Apabila tes swab berikutnya kembali negatif , maka bisa dipulangkan. Kita doakan bersama semoga hasilnya kembali negatif dan seluruh pasien positif di Jembrana bisa sembuh,” tandas Arisantha. (Pbm2)


TAGS :

Komentar