Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mahendra Jaya Minta Perusahaan Sisihkan Keuntungan untuk Pengentasan Kemiskinan

Pj. Gubernur SM Mahendra Jaya melantik Forum TJSL Perusahaan Provinsi Bali masa bakti 2024-2027 di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Rabu pagi (15/5/2024). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Penjabat (Pj) Gubernur Bali SM Mahendra Jaya meminta perusahaan di Bali agar dapat menyisihkan sebagian keuntungan usahanya untuk kesejahteraan masyarakat Bali. Hal tersebut ia sampaikan saat melantik Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan Provinsi Bali masa bakti 2024-2027 bertempat di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali pada Rabu (15/5) pagi.

Mendasari konsep pembangunan Bali yang berpijak pada Dharma yaitu kebaikan dan kebenaran menurut Dharma Agama dan Dharma Negara. Mahendra Jaya menilai sangat tidak adil jika masih terdapat kemiskinan di Bali. “Menjadi tidak adil dan mengenaskan ketika di Bali masih ada orang miskin, miskin ekstrem dan anak-anak yang stunting setelah 78 tahun Indonesia merdeka,” ungkap Mahendra Jaya.

Untuk itu, Mahendra Jaya mengajak seluruh pemangku kepentingan terutama perusahaan baik BUMN, BUMD maupun swasta untuk ngrombo mengatasi berbagai persoalan pembangunan Bali. Ia menyampaikan, ngrombo adalah bentuk gotong-royong dan kolaborasi namun maknanya jauh di atas itu. “Gotong-royong ini merupakan suatu tanggung jawab, kehormatan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di dalam masyarakat. Ini konsep ngrombo. Lebih tinggi dari gotong-royong, lebih tinggi dari kolaborasi,” jelas birokrat asal Gianyar tersebut.

Terkait masih adanya persoalan-persoalan sosial di tengah hebatnya Bali, Pemerintah Provinsi Bali melalui ngrombo telah menyalurkan dukungan sukarela dari pegawai Pemerintah Provinsi Bali melalui program “Pemprov Bali Hadir” dengan memberikan bantuan bedah rumah, bantuan dana pendidikan, bantuan pengobatan bibir sumbing serta bantuan pemberdayaan peternak dengan pemberian bantuan bibit ternak.

Forum TJSL Perusahaan Provinsi Bali merupakan upaya kolaboratif sebagai wujud kongkret sinergi Pemerintah Provinsi Bali dengan berbagai pemangku kepentingan terutama perusahaan, mulai dari BUMN, BUMD, Persero, Perseroda dan perusahaan swasta lainnya dalam mendorong partisipasi pengusaha menyukseskan pembangunan daerah.

Dengan terbentuknya Forum TJSL Perusahaan Provinsi Bali, ia berharap penyaluran bantuan berupa anggaran program dan kegiatan dari perusahaan-perusahaan yang ada di Bali dapat lebih terarah, terintegrasi dan selaras dengan program pembangunan daerah dengan prioritas utama adalah program pengentasan kemiskinan, kemiskinan ekstrem, stunting, pengangguran, peningkatan kualitas SDM hingga pembangunan sarana-prasarana publik.

Baca Juga: Pj Gubernur Bali Saksikan Laga Bali United Saat Jamu Persib Bandung

“Dengan forum ini, bantuan yang disalurkan tentu akan lebih efektif dan terkoordinasi sehingga dapat lebih dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan serta Pemerintah Daerah,” jelas Mahendra Jaya.

Ia menyampaikan, partisipasi stakeholder sangat penting dalam pembangunan Bali. Persoalan pembangunan termasuk di Bali sangat kompleks dan berimplikasi pada berbagai bidang, sementara pemerintah daerah memiliki keterbatasan fiskal APBD yang menyebabkan tidak bisa dengan leluasa merealisasikan program kegiatan yang menjadi prioritas daerah. Oleh sebab itu, ia menilai peran swasta dan stakeholder lain menjadi penting untuk bersama-sama ‘Ngrombo’ membangun Bali.

Diketahui bahwa dana TJSL nantinya akan dikelola sepenuhnya oleh Forum TJSL Perusahaan Provinsi Bali atau perusahaan itu sendiri dan tidak masuk ke kas daerah. Namun ia tetap meminta agar perusahaan dapat tetap menjaga prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaaan dana TJSL sebagai pertanggungjawaban kepada publik.

Kepala Bappeda Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra menyampaikan, jumlah anggota Forum TJSL Perusahaan Provinsi Bali saat ini terdiri atas 36 BUMN, 6 BUMD, 172 perusahaan swasta dan 6 lembaga lainnya. “Anggota ini akan terus kami update, bekerja sama dengan induk asosiasi yang ada,” katanya.

Jumlah dana yang terkumpul telah mencapai Rp 9,3 miliar yang atas arahan Pj. Gubernur Bali akan digunakan untuk melaksanakan program TJSL Perusahaan Provinsi Bali tahap pertama yaitu redesain lapangan Puputan Margarana, program bedah rumah serta pembiayaan program pokok PKK di seluruh kabupaten/kota se-Bali. (pbm1)


TAGS :

Komentar